Kategori
Tips Anggur

6 Langkah Mudah Cara Menanam Anggur Dari Biji Hingga Berbuah

Salah satu tanaman yang sedang tren saat ini adalah buah anggur. Anda dapat dengan mudah menemukan banyak pekarangan rumah dengan pohon anggur sebagai tanamannya.

Saat ini banyak orang mulai menyadari manfaat anggur yang sangat berguna bagi kesehatan. Seperti yang anda ketahui, buah anggur sangat kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh kita dalam menangkal radikal bebas. Dengan mengkonsumsi buah anggur secara rutin, anda dapat merasakan manfaatnya untuk memelihara kesehatan.

Berbagai penelitian telah mengklaim bahwa buah anggur dapat mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, gangguan hati, hingga kanker. Selain itu buah anggur juga dapat memelihara kecantikan dengan mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Selain dagingnya yang sangat lezat, biji dan daun buah anggur juga memiliki manfaat yang tak kalah luar biasanya. Biji anggur bahkan telah banyak diolah menjadi obat herbal dalam bentuk ekstrak. Daunnya juga dapat dikonsumsi dengan merebusnya dan meminum airnya yang dapat berguna untuk meredakan sakit kepala bahkan susah buang air kecil.

Oleh karena itu, menanam buah anggur merupakan salah satu pilihan terbaik ketika anda ingin menjadikan pekarangan anda terasa lebih hidup. Anda dapat memetik buah anggur segar yang sangat lezat dan merasakan manfaatnya dengan mengkonsumsinya secara rutin.

(Baca juga:Jual Bibit Anggur Import Oscar)

Ada beberapa cara untuk menanam anggur yaitu dengan cara setek, cangkok, dan biji. Masing-masing pilihan memiliki tingkat kesulitannya masing-masing.

Cara Menanam Anggur Dari Biji

cara menanam anggur dari biji 1a

Menanam anggur dari bijinya merupakan cara yang sedikit lebih sulit dari cara lain, namun bukan berarti anda tidak bisa melakukannya. Dengan cara dan teknik yang tepat, anda dapat memiliki pohon anggur dengan buah yang banyak dengan cara menanamnya dari biji anggur.

Anda bahkan dapat menggunakan biji dari buah anggur yang telah anda makan daging dan kulitnya. Simak tutorial cara menanam anggur dari biji dibawah ini yang dapat anda coba di rumah!

Siapkan:

  • Biji anggur dari buah yang anda beli
  • Air mineral
  • Kotak plastik seperti tupperware
  • Tissue kering
  • Cocopea
  • Pupuk kompos atau pupuk kandang
  • Tiang kayu kecil

Kumpulkan Biji Anggur

cara menanam anggur dari biji 2

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anda bisa menggunakan biji yang dari buah anggur yang telah anda makan. Maka anda tidak perlu membeli biji anggur secara terpisah.

  1. Sisihkan biji anggur sebelum anda memakan buahnya, lalu simpan di tempat kering yang bersih.
  2. Rendam biji anggur yang telah disisihkan dalam air mineral selama sehari semalam untuk membersihkan lendir yang masih menempel. Jangan gunakan air dari sumber lain yang mengandung tawas.
  3. Keesokan harinya, anda akan mendapati sebagian biji mengapung dan sebagian lain tenggelam dan yang anda butuhkan adalah biji yang tenggelamnya saja.
  4. Angkat biji yang tenggelam dan rendam kembali di air mineral dengan suhu hangat-hangat kuku selama sekitar 3 jam.

(Baca juga: Jual Bibit Anggur Import Augustine Pleven)

Semai Biji Anggur

cara menanam anggur dari biji 3

Setelah biji anggur diseleksi, anda dapat menyemainya.

  • Siapkan kotak plastik dan tissue kering.
  • Simpan tissue di dalam kotak plastik.
  • Teteskan air mineral ke atas tissue secukupnya, jangan terlalu basah.
  • Letakkan biji anggur diatas tissue, beri jarak antara satu biji dengan yang lainnya.
  • Diamkan biji anggur selama kurang lebih 2 minggu, tambahkan tetesan air mineral secara rutin jangan biarkan tissue mengering.
  • Setelah sekitar 2 minggu, anda akan mendapati biji-biji anggur yang anda semai mengeluarkan akar, itu berarti biji-biji tersebut sudah layak tanam.

Tanam Biji Anggur

cara menanam anggur dari biji 4

Setelah tumbuh akar dari biji-biji anggur yang tela anda semai, anda dapat memindahkannya dari kotak plastik ke media tanam. Selain pot, anda juga bisa menggunakan media tanam dari barang-barang bekas seperti botol bekas air mineral dan kaleng.

  • Siapkan tanah yang gembur, cocopeat, dan arang sekam, perbandingannya satu banding satu.
  • Campurkan semua bahan di atas dan tepatkan di dalam pot cukup 3/4 bagian terlebih dahulu.
  • Letakkan biji anggur yang telah mengeluarkan akar tadi secara perlahan di atas campuran tanah tadi.
  • Tutup biji anggur dengan sisa campuran tanah tipis-tipis.
  • Simpan pot di tempat yang terkena sinar matahari pagi saja.

Rawat Pohon Anggur Muda Anda

cara menanam anggur dari biji 5

Selama kurang lebih satu minggu setelah biji anggur anda simpan di media tanam, anda akan melihat daun-daun kecil mulai tumbuh. Itu berarti, anda telah memiliki pohon anggur muda yang harus dirawat.

  • Siram pohon anggur muda secara rutin, sesuaikan frekuensi menyiram dengan kondisi cuaca. Jangan biarkan media tanam pohon anggur anda terlalu kering ataupn terlalu basah.
  • Setelah pohon anggur muda anda memiliki 4 daun, anda dapat memindahkannya ke media tanam yang lebih luas.

Pindahkan Pohon Anggur Anda

cara menanam anggur dari biji 6

Lakukan langkah ini dengan hati-hati. Pastikan lahan baru yang akan anda gunakan untuk menanam pohon anggur dapat membuatnya tumbuh dengan baik sehingga dapat menghasilkan buah yang banyak.

  • Pastikan lahan yang anda gunakan mendapat sorotan sinar matahari langsung sekitar 7 hingga 8 jam per hari.
  • Sebelum memindahkan pohon anggur, gemburkan tanahnya terlebih dahulu kemudian tambahkan pupuk kandang atau pupuk kompos ke media tanam yang baru.
  • Letakkan pohon anggur muda diatas lahan yang baru dengan hati-hati. Beri jarak antar pohon sekitar 3 cm.
  • Karena pohon anggur merupakan tanaman merambat, anda perlu memasang beberapa tiang di sekitar pohon anggur muda yang telah anda pindahkan.

Sebagai alternatif, anda juga dapat menggunakan sebagai media tanam untuk pohon anggur yang lebih luas. Raised bed adalah bedeng tanah dengan yang ditinggikan dan menggunakan kayu sebagai pembatasnya.

(Baca juga: Jual Bibit Anggur Import Count of Montecristo)

Lakukan Perawatan Rutin

cara menanam anggur dari biji 8

Pohon anggur membutuhkan waktu selama beberapa bulan bahkan tahun hingga menghasilkan buah tergantung dari varieatesnya. Untuk menghasilkan buah, pohon anggur harus dirawat secara rutin. Anda tidak boleh melewatkan langkah-langkah perawatan yang wajib dilakukan jika ingin memiliki pohon anggur dengan buah yang banyak.

  • Tambahkan pupuk pada media tanam sekali setiap musim hujan.
  • Pada pohon anggur yang sudah mulai dewasa atau berusia sekitar satu tahun, anda dapat menyeleksi tunas-tunas yang paling kuat. Pilihlah tiga tunas pohon anggur yang paling kuat dan pangkas tunas lain yang lebih lemah.
  • Pada tahun kedua, anda akan mendapati beberapa tandan bunga, buanglah tandan bunga tersebut. Kemudian, pada tiga tunas terkuat yang telah anda pilih sebelumnya, akan tumbuh tunas lain dan kuncup bunga, pangkas semua tunas dan kuncup tersebut. Ikat tunas pada tiang penyangga.
  • Pada tahun ketiga, pohon anggur anda biasanya sudah siap untuk berbuah. Buang semua tunas dan kuncup yang tumbuh di bagian bawah pohon.
  • Pada tahun ke empat dan berikutnya anda harus tetap melakukan pemupupkan dan pemangkasan secara rutin. Seiring dengan bertambahnya usia pohon, semua tandan bunga kemudian akan berubah menjadi tandan buah.

Meskipun tampak mudah, menanam anggur dari biji membutuhkan kehati-hatian. Belum lagi beberapa biji dari buah anggur yang anda makan tidak layak untuk ditanam.

Selain itu, perawatan biji anggur juga harus dilakukan secara rutin dan teliti. Jika tidak, pohon anggur anda mungkin saja tidak menghasilkan buah. Anda wajib memastikan bahwa pohon anggur anda mendapatkan nutrisi yang cukup baik dari sinar matahari, penyiraman yang cukup, dan pemupukan yang seimbang.

Kemudian, lakukan tahap pemangkasan dengan baik, sehingga anda pohon anggur anda dapat menghasilkan buah yang banyak dengan kualitas yang baik. Tahap pemangkasan merupakan tahap yang sangat penting dalam proses pertumbuhan pohon anggur untuk menghasilkan buah.

(Baca juga: Jual Bibit Anggur Import Giovani)

Tips Menanam Anggur Dari Biji

cara menanam anggur dari biji feature 1

Ada beberapa tips yang dapat anda aplikasikan dalam tahapan menanam anggur dari biji. Simak tipsnya dibawah ini.

  • Pilih varietas anggur

Seperti yang mungkin sudah anda ketahui. buang anggur terdiri dari ribuan varietas. Oleh karena itu, anda dapat terlebih dahulu mempelajari varietas anggur yang ingin anda tanam. Jenis anggur red globe, concord, dan autumn merupakan jenis anggur yang banyak dijual di pasaran Indonesia.

  • Perhatikan kondisi iklim

Kondisi iklim dimana anda tinggal mungkin tidak cocok untuk beberapa varietas anggur, maka dari itu mempelajari varietas anggur juga dapat memberi anda pengetahuan untuk menentukan varietas yang dapat anda tanam. Pohon anggur sangat membutuhkan kondisi iklim yang baik untuk dapat bertumbuh hingga menghasilkan buah. Secara garis besar, tanaman anggur membutuhkan sekitar 4 hingga 7 bulan musim kemarau dengan intensitas cahaya matahari yang banyak. Suhu yang baik untuk tumbuh kembang pohon anggur yaitu maksimal 31 derajat celcius dan minimal 23 derajat celcius.

  • Perhatikan kondisi tanah

Kondisi tanah sebagai media tanam pohon anggur tentunya harus sangat diperhatikan. Secara garis besar, tanah untuk media tanam pohon anggur harus mengandung lempung dan pasir dengan jumlah yang cukup. Kemudian, tekstur tanah juga harus gembur agar pohon anggur yang anda tanam mendapatkan nutrisi yang maksimal dengan drainase air dan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, pH atau derajat keasaman tanah harus berada pada level 7 atau netral.

  • Lakukan eksperimen

Pada kondisi tertentu, jika anda menanam anggur dari bijinya, buah anggur yang tumbuh mungkin tidak akan sama dengan buah anggur darimana biji tersebut berasal. Itulah salah satu kendala yang akan anda hadapi ketika menanam anggur dari biji. Untuk mengatasinya, anda dapat melakukan eksperimen hingga pohon anggur anda menghasilkan buah yang anda inginkan.

  • Konsultasi dengan ahlinya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemangkasan merupakan hal yang sangat penting untuk membuat pohon anggur anda mampu menghasilkan buah. Jika anda ragu dengan tahapan ini, anda dapat berkonsultasi dengan pencinta anggur yang sudah sukses membudidayakan anggur dengan buah yang banyak. Selain itu, anda juga bisa menonton video-video di media sosial.

(Baca juga: Jual Bibit Anggur Import Romeo)

Demikianlah cara menanam anggur dari biji yang dapat anda coba di rumah. Meskipun tidak mudah, menanam pohon anggur di pekarangan rumah akan memberi anda banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Selamat mencoba menanam pohon anggur dari bijinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *